Beranda

Senin, 16 Juli 2012

Promosi menghabiskan biaya???

Nah ini dia yang selalu menjadi keengganan produsen untuk berpromosi :
... PROMOSI itu menghabiskan biaya! dan tidak cocok dengan produk kami! .. untuk itu kami sementara waktu TIDAK AKAN BERPROMOSI sebab produk belum laku di masyarakat, Jadi kalau sudah laku kami akan BERPROMOSI ( loh koq kebalik ???? )
mungkin artikel ini bisa membuka pemikiran dan jiwa bisnis dari seorang wirausaha.

Tujuan promosi di antaranya adalah:

  • Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
  • Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
  • Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
  • Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
  • Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
  • Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
  • Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen
Sedangkan untuk mendapatkan promosi yang berhasil maka perlu dilalui beberapa tahapan antara lain:
  • mengetahui dengan tepat mengapa, kapan dan dimana akan berpromosi
  • bagaimana menghasilkan promosi yang efektif
  • bagaimana memonitor hasil program promosi.
Kegagalan sebuah promosi bisa disebabkan oleh banyak hal.
  • Kecilnya minat pasar terhadap produk atau jasa,
  • Teknik dan desain promosi kurang canggih,
  • Kurangnya anggaran promosi
  • Atau kurang tepatnya pemilihan media promosi
Jadi kesimpulan kami, apakah promosi menghabiskan biaya? 
Saya rasa tidak menghabiskan biaya bilamana promosi tersebut dikelolah dengan baik dan efektif, sebab promosi yang efektif akan meningkatkan penyebaran informasi serta membuka peluang adanya market baru sehingga pada sasaran jangka panjang akan menjadi nilai penjualan atau profit/laba.
Kalau pihak produsen tidak mempunyai manajemen tentang promosi yang baik! pasti berkata " promosi adalah barang mahal dan membuang biaya " atau mungkin produsen tidak mempunyai biaya untuk promosi? Jadi cuma bisa bikin tanpa adanya promosi ???? (" no comment ")

1 komentar: