Beranda

Senin, 09 Juli 2012

Loh koq tidak mau PROMOSI?

Pada suatu waktu kami berkesempatan untuk berdiskusi dengan team manajemen dari PT. Samudera Wisesa sebagai team leader pemikir tentang produk kartu timnas.
Diskusi berjalan cukup menarik ... dan sempat terjadinya kekurang sepahaman mengenai : " PROMOSI "

SW : " .. kami lebih memikirkan untuk membuat produk yang baik, dan kami belum saatnya untuk berpromosi .. sebab dengan produk yang baik promosi akan berjalan dengan sendirinya.

Kami: " ... menurut kami produk yang baik tanpa diimbangi dengan promosi yang baik pula serta berkesinambungan tidak akan menghasilkan produk yang baik pula, sebab bagaimana orang mengetahui kalau produk tersebut baik tanpa melakukan komunikasi dengan calon pembeli lewat promosi? ... "

itulah secuplik diskusi kita, namun mungkin dengan artikel ini pihak team manajemen PT. Samudera Wisesa bisa lebih terbuka dan memikirkan dengan langka yang panjang. (simak artikel dibawah ini)

Promosi mempunyai beberapa peran, antara lain yaitu membuat konsumen yang tidak kenal menjadi kenal akan adanya sebuah produk atau merek. Selanjutnya promosi berperan memperdalam proses pengenalan konsumen terhaap sebuah produk.

Peran lain adalah membuat konsumen memahami apa saja manfaat produk juga dapat meyakinkan konsumen bahwa produk tersebut akan bermanfaat dalam memenuhi kebutuhkannya. 

Terakhir dari peran promosi adalah membuat konsumen yang yakin tadi menjadi bereaksi dengan melakukan tindakan membeli produk.

Karena perannya yang bertahap perlu bagi sebuah produk baru untuk melakukan RANGKAIAN PROMOSI tersebut. Mulai dari promosi untuk memperkenalkan produk dan merek produk, sampai dengan promosi sebagai usaha untuk membuat konsumen beli. Namun bagi produk yang sudah ada, bisa saja langsung dilakukan promosi dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan, misalnya dengan melakukan pemberian hadiah langsung.

Untuk mendapatkan promosi yang berhasil maka perlu dilalui beberapa tahapan antara lain:
  • mengetahui dengan tepat mengapa, kapan dan dimana akan berpromosi
  • bagaimana menghasilkan promosi yang efektif
  • bagaimana memonitor hasil program promosi.
( artikel disadur dari blog www.wirausahakreatif.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar