Beranda

Senin, 02 Juli 2012

Perlukah melakukan PROMOSI!

Saya tertarik untuk membahas masalah : ... Perlukah melakukan PROMOSI!


Untuk mengetahui hal tersebut kita harus mengerti arti kata promosi :
" Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. (wikipedia) "
Disana dikatakan adalah ... untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa ...
maka diketahuilah untuk suatu produk atau jasa agar dapat dikenal banyak orang atau kalayak umum haruslah berpromosi atau dipromosikan.
Bagi kami berpromosi tergantung dari seberapa besar produk ini ingin berkembang atau besar, dimana untuk produk yang disasarkan pada market nasional harus berpola-pikir untuk berpromosi dengan pola & tipikal nasional, bagi produk yang berpangsa pasar lokal maka harus pula berpikir pola promosi lokal.
Untuk itu kita harus mengetahui tentang karakteristik mengenai produk atau jasa kita sendiri!
produk NASIONAL atau produk RUMAHAN atau produk untuk lingkungan DAERAH? maka pola pikir tersebut harus ditanamkan sejak dini agar kita tidak salah SASARAN.

.. tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya ...
Tujuan awal dalam berusaha menawarkan suatu produk atau jasa adalah adanya penjualan / pembelian / konsumsi, terus bagaimana bisa dibayangkan kalau suatu produk tersebut TANPA BERPROMOSI? atau beranggapan bahwa dengan konsep produk yang baik tidak perlu berpromosi!

Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Perihal ini selalu menjadi kesan seperti telur dan ayam ... (istilah produsen) dimana mereka butuh peningkatan sales bilamana diikuti dengan promosi, padahal PROMOSI merupakan suatu alat untuk menanamkan kesan imajinier kepada calon pembeli atau pemakai produk/jasa sebagai pola berpikir untuk memutuskan membeli atau tidak, bilamana konsumen membeli dengan adanya PROMOSI yang dilakukan maka disebut ALAT PROMOSI berjalan dengan efektif, namun setelah ber PROMOSI tidak terjadi signifikan pada penjualan maka PROMOSI itu disebut kurang efektif.

Jadi untuk suatu produk disebut Nasional, Lokal, Daerah, Kabupaten, Rumahan tergantung bagaimana dia berpromosi, dan mengelolah promosi tersebut menjadi suatu alat marketing yang hebat. Dengan promosi barang yang tidak terlalu hebat akan menjadi lebih hebat dibandingkan dengan produk lainnya yang kurang berpromosi.


( ditujukan kepada pemikir & pengambil keputusan untuk produk ESWE )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar